Pages

Saturday, April 21, 2012

Cara Merawat Flashdisk

Flashdisk salah satu alat penyimpanan data yang semakin hari semakin popular dan bisa dibilang menggeser peranan floppydisk atau yang biasa kita sebut dengan disket. Sebenarnya flashdisk dan disket memiliki fungsi yang sama, hanya saja flashdisk biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar disbanding disket.

Selain kualitas, mahal tidaknya flashdisk juga tergantung dengan besarnya kapasitas yang tersedia, semakin besar kapasitasnya semakin mahal pula harganya. Agar flashdisk kita tidak mudah rusak, benda yang biasanya berukuran kecil dan berwarna lucu ini juga harus kita rawat. Bukan karena harganya yang relative mahal tapi juga agar data-data penting yang tersimpan di dalamnya lebih aman.

Dibawah ini ada berbagai macam cara untuk merawat flashdisk kita agar awet/ tidak cepat rusak:




  1. Jauhkan flashdisk dari medan magnet yang kuat
    Barang-barang elektronik seperti TV, dan handphone sangat tidak baik untuk flashdisk. Untuk itu jangan pernah menyimpannya didekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar.
  2. Jangan terkena air
    Meski ada beberapa merek yang mengklaim water proof, menjauhkan flashdisk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman.
  3. Virus scan
    Saat pengambilang data atau pemindahan dari PC ke flashdisk, sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah tapi juga virus-virus yang terdapat dalam computer. Apalagi kalau kita mengambil dan menyimpan data dari internet.
  4. Proses eject atau stop
    Selalu melakukan proses eject atau stopsebelum mencabut flashdisk dari port USB. Selain bisa menjadikan flashdiskrusak, tidak melakukan proses eject atau stop juga dapat mempengaruhi file-file data yang anda simpan didalamnya.
  5. Jauhkan dari tempat panas
    Semua barang elektronik tak terkecuali flashdisk sangat rentan dengan yang namanya panas ex: terkena sinar matahari langsung.
  6. Hindari benturan keras
  7. Tutuplah selalu bagian kepala flashdisk agar tidak berdebu.
  8. Meminimalisir proses hapus-tulis, karena flashdisk pun punya usia, yaitu 10.000-100.000kali proses hapus tulis.

No comments: